Ringkasan Psikologi Kepribadian " GEORGE A. KELLY"




GEORGE A. KELLY

PRIBADI
GeorgeA. Kelly lahir tahun 1905 di Perth, Kansas. dia adalah anak tunggal dari keluarga yang taat agama, karena ayahnya adalah seorang George pemuka agama. dia belajar di bidang sosiologi dan perburuhan pada tahun 1930 di Universitas of Edinburgh, Scotland. selain itu dia juga mendalami bidang oratory, public speaking, dramatics,    serta    pemerintahan.    awal    ketertarikannya    pada psikologi  setelah  membaca  artikelnya  Freud.  kemudian mempelajari  psikologi  selama  9 bulan  dan  berhasil  meraih  gelar doktoral dari Universitas of Iowa. Kelly membangun  klinik keliling di Kansas, Kelly pernah menjadai   Psikolog lepas pada Perang Dunia II. Kelly mendapatkan  gelar Profesornya  psikologinya  di Ohio State University dan Brandeis University.tahun  1955 menulis teori dalam2 volume  buku: “The Pshychology  of Personal  Construct”.  beliau meninggal pada 6 Maret 1967.

Pandangan Kelly Terhadap Ilmu Kepribadian
Kelly mendasarkan  teori kepribadiannya  pada pandangan tentang ilmu   pengetahuan   dan   karakteristik   penyelidikan   ilmiah   yang eksplisit.  Pertanyaan  mendasar  yang  harus  diperhatikan  di  sini adalah,  “  Apa  yang  dilakukan   ilmuwan   ketika  mengkonstruksi teori?”. Salah satu pendapat menyatakan  bahwa para ilmuwan itu mencari kebenaran.  Pandangan  Kelly (dan banyak ilmuwan sains kontemporer  dan  filsuf  sains,  seperti  Proctor  dan  Capaldi,  2001 dalam   Pervi   2010)   adalah   “benar   versus   salah”   bukanlah pertanyaan  yang tepat  tentang  teori  ilmiah.  Masalahnya  adalah semua   teori   yang   kompleks   dan   terformulasi dengan   baik cenderung seakan-akan itu adalah benar pada satu sisi akan tetapitidakpada  sisi  yang  lain.Oleh  karenaitu,  pertanyaan  alternatifuntukdiajukan  adalah  apakah  dan  bagaimanakahteori  tersebutberguna.Gagasan menilai teori berdasarkan  kegunaannya  dalam membuatprediksi  memilikiimplikasi  signifikan.  Teori  yangberbeda  biasmemungkinkan  orang  untuk  membuat  tipe prediksi  ang berbeda. Dengan demikian, tiap teori yang berbeda memiliki kegunaan yangberbeda.     Kellymenyebutkan      constructivealternativsm(alternativisme  kontrukstif) : konstruk ilmiah alternative yang dapatmemberikan   pandangan  yang  bergunatentang  dunia.  Menurutpandangan  ini, tidak ada realitas objektif  atau kebenaran  absolutyangharus  diungkap.  Dengan  demikian,  terdapatupaya  untukmengintrepetasikan peristiwa, dengan       tujuan untuk mengiterpretasikan   fenomena  untuk  memhaminya.  .Sebuah  teori  memilikirange  ofconvenience(rentang  kenyamanan),  yang mengindikasikan  batasan  fenomenayang   dapat   ditanggung   oleh   teori   tersebut,   dan   focus   of convenience  (focus  kenyamanan),   mengindikasikan   titik  dalam ikatan tersebut tempat di mana teori tersebut bekerja terbaik. Pandangan Kelly terhadap sains tidaklah unik, tetapi kejelasan ekspresi dan titik penekanannya adalah penting 
 Komponen dari pandangan Kelly tentang Sains
1.   Tidak ada realitas objektif dan tidak ada “fakta”. Teori yang berbeda memiliki konstruksi fenomena yang berbeda. Teori-teori ini juga memiliki rentang kegunaan yang berbeda dan focus manfaat yang berbeda.
2. Teori-teori seharusnya memicu riset. Akan tetapi, penekanan ekstreem     pada     pengukuran     dapat membatasi  dan menimbulkan  pandangan  konsep sebagai “sesuatu”. Bukan pada representasi.
3.   Metode  klinis  itu  berguna  karena  menghasilkan   idebaru dan focus pada persolan penting.
4.   Teori kepribadian yang baik harus bias membantu kita untuk memecahkan masalah manusia dan masyarakat.
5.   Teori didesain untuk dimodifikasi dan ditinggalkan

StrukturKepribadianStruktur Kepribadian
Teori  kepribadian   Kelly  memiliki   dasar   terkait   dengan   pikiran individu  (kognitif).  Teorinya  menekankan  pada  pendekatan idiographic  dan  orientasinya  yang  teleologis.  Teori  Kelly  hampir mirip  dengan  teori  individual  Adler,  bahwa  manusia  tidak  diatur oleh  realita,  akan  tetapi  membuat  tujuannya  sendiri  berdasarkan cara individu memaknai setiap peristiwa. Proses adaptasi dan penyesuaian  dapat  diprediksi  melalui  konstruk  yang  dimiliki  oleh setiap   individu.   Proses   kognitif   merupakan   pusat   kepribadian individu, sedangkan  emosi dan perilaku dipengaruhi  oleh kognisi. Relasi sosial sebagai usaha individu untuk memahami konstruk personal   individu   lainnya.   intinya   Kelly   memandang   manusia sebagai ilmuwan.Pandangan Kelly tentang sains sangat berhubungan dengan pandangannya  terhadap  individu.  Kelly  merasa  bahwa  ilmuwan dan orang awam (misalnya, bukan ilmuwan dalam keseharian mereka)  terlibat  dalam  tugas  yang  sama.  Bagi  Kelly,  cirri utama kehidupan sehari-hari antara lain adalah upaya kita untuk mengembangkan  ide yang memungkinkan  kita untuk memprediksi peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita ingin dapat memprediksikan  apakah kita akan, misalnya, lulus ujian yang akan dating, sukses mendapatkan pasangan, atau keluar dari kondisi depresi.  Konstruk (construct) adalah konsep yang digunakan    untuk    menginterpretasikan,    atau    menerjemahkan, dunia. Cara di mana dua elemen diterjemahkan  sebagai  yang mirip membentuk  similiarity pole (kutub kemiripan) konstruk tersebut; cara di mana mereka berlawanan  dengan  eleman  ketiga  membentuk  constract  pole (kutub kontras) konstruk tersebut.

Konstruk dan Konsekuensi Interpersonal
Konstruk dan Konsekuensi Interpersonal mereka
Konstruk seringkali merupakan bahasa sehari-hari seseorang. Misalnya,  konstruk  yang merupakan  bagian dari system konstruk anda sendiri. Apa istilah karakteristik yang anda gunakan untuk mendeskripsikan orang? Apakah tiap istilah mencakup istilah berlawanan   untuk   membentuk   pasangan kesamaan/ketidaksamaan, atau  apakah  satu  ujung  dari  konstruk itu hilang dari sebagian kasus? Dapatkah anda membayangkan konstruk yang digunakan orang yang anda kenal untuk menggambarkan  diri mereka sebagai individu? Konstruk apa yang dimiliki  bersama  anggota  salah  satu  kelas  atau  kultur  dan  tidak dimiliki oleh anggota kelas atau kultur yang berbeda? Akhirnya, perhatikan   pernyataan   Kelly   bahwa   konstruk   apa   pun   yang diterapkan seseorang kepada orang lain berpotensi untuk dapat diterapkan pula kepada dirinya sendiri. “seseorang tidak dapat menyebut   orang   lain   bajingan   tanpa   membuat   sifat   bajingan sehingga sebuah dimensi dari kehidupan juga” 

Tipe StrukturKepribadian
Tipe Konstruk dan Sistem Konstruk
Sebelas   tipe  struktur   kepribadian   menurut   Kelly  yang  disebutCorollary :
1. Construction   corollary:   manusia   mengantisipasi   peristiwa dengan  membentuk  replikasi  (pada  peristiwa  yang  temanya sama)
2. Individuality     corollary:     Manusia     berbeda-beda     dalam membuat konstruk atas peristiwa yang sama (tergantung interpretasi masing-masing).    Adanya    perbedaan    individu, bagaimana individu menerima atau menginterpretasi suatu peristiwa
.3. Organization  corollary:  Manusia  cenderung  untuk  mengatur konstruk individualnya berdasarkan pandangannya terhadap hubungan antar konstruk itu (hirarki)
4. Dichotomy   corollary:  Sistem  konstruk  manusia  terdiri  atas sejumlah konstruk dikotomis/bipolar
5. Choice   corollary:   Manusia   memilih   sendiri   alternatif   dari konstruk dikotomis tersebut berdasarkan keinginannya untuk memperjelas   atau  memperluas   sistem   konstruknya.(Security atau adventure)
6. Range corollary: Suatu konstruk hanya dapat digunakan untukmengantisipasi  peristiwa  tertentu  saja  (ada  yang  dapat digunakan  untuk beragam  situasi/orang,  ada juga yang hanya dapat digunakan situasi yang sangat terbatas)
7. Experience   corollary:   Sistem   konstruksi   manusia   berubahsebagai hasil dari pengalaman manusia yang berubah.

Tipe Konstruk dan Sistem Konstruk
Kita tidak harus mengasumsikan, dari pembahasan ini, bahwa konstruk  adalah  verbal atau tersedia  secara  verbal bagi individu. Kelly  tidak  menggunakan   konstruk  sadar-bawah   sadar  ;  akantetapi, dia menggunakan konstruk verbal / preverbal untuk membahas  elemen yang diinterpretasikan  oleh pihak lain sebagai sadar  atau  bawah  sadar.  Konstruk  verbal  dapat  diekspresikan dalam kata, sedangkan konstruk preverbal adalah yang digunakan bahkan ketika    orang    tersebut    tidak    memiliki    kata    untuk mengekspresikannya. Konstruk preverbal dipelajari sebelum seseorang mengembangkan penggunaan bahasa.

Tes RoleConstructRepertory
Tes Role Construct Repertory (Rep)
Kelly    mengembangkan    teknik    penilaiannya    sendiri    –   Role Construct Repertoy Test (disingkat Tes Rep).   Sebagai teknik penilaian, Tes Rep mungkin lebih berhubungan dengan teori kepribadian  dibandingkan  tes kepribadian  komprehensif  lain. Tes Rep terdiri dari dua prosedur :(a) Pengembangan      daftar     actual     person     (individu     yang sebenarnya) yang didasarkan kepada Role Title List.(b) Pengembangan       konstruk       yang      didasarkan       kepada perbandingan   tritunggal   person.     Pada   prosedur   pertama, subjek diberikan  

Perkembangan kepribadian
Kelly menyatakan bahwa konstruk-konstruk itu berasal/bersumber dari usaha mengkonstruksi replikasi (jawaban-jawaban) atas peristiwa-peristiwa yang tejadi. Kelly berpendapat bahwa perkembangan itu ditekankan kepada konstruk preverbal pada masa invancy (bayi kanak-kanak) dan penafsiran budaya yang terlibat dalam proses harapan-harapan yang dipelajari/dialami.

Psychopatology
Kelly mendefinisikan psychopatology sebagai gangguan fungsi dalam menggunakan sistem konstruk terhadap peristiwa-peristiwa. Gangguan (disorder) dapat diartikan sebagai konstruk pribadi yang digunakan secara berulang-ulang karena perasaan dendam/benci yang tidak valid. Gangguan psikologis adalah gangguan yang melibatkan anxiety (cemas), lebih tepatnya usaha individu yang diulang untuk membangun kembali perasaan, sehingga mampu mengantisipasi peristiwa-peristiwa.


SUMBER :
Wardalisa.staff.gunadarma.ac.id
Alwisol, Psikologi Kepribadian, (Malang: UMM Press, 2007)
http://dewimustikaningrat.blogspot.com 

Komentar