GEORGE A. KELLY
PRIBADI
GeorgeA. Kelly lahir tahun 1905 di Perth, Kansas. dia adalah anak tunggal dari keluarga yang taat agama, karena ayahnya adalah seorang George pemuka agama. dia belajar di bidang sosiologi dan perburuhan pada tahun 1930 di Universitas of Edinburgh, Scotland. selain itu dia juga mendalami bidang oratory, public speaking, dramatics, serta pemerintahan. awal ketertarikannya pada psikologi setelah membaca artikelnya Freud. kemudian mempelajari psikologi selama 9 bulan dan berhasil meraih gelar doktoral dari Universitas of Iowa. Kelly membangun klinik keliling di Kansas, Kelly pernah menjadai Psikolog lepas pada Perang Dunia II. Kelly mendapatkan gelar Profesornya psikologinya di Ohio State University dan Brandeis University.tahun 1955 menulis teori dalam2 volume buku: “The Pshychology of Personal Construct”. beliau meninggal pada 6 Maret 1967.
Pandangan Kelly Terhadap Ilmu Kepribadian
Kelly mendasarkan teori kepribadiannya pada pandangan tentang ilmu pengetahuan dan karakteristik penyelidikan ilmiah yang eksplisit. Pertanyaan mendasar yang harus diperhatikan di sini adalah, “ Apa yang dilakukan ilmuwan ketika mengkonstruksi teori?”. Salah satu pendapat menyatakan bahwa para ilmuwan itu mencari kebenaran. Pandangan Kelly (dan banyak ilmuwan sains kontemporer dan filsuf sains, seperti Proctor dan Capaldi, 2001 dalam Pervi 2010) adalah “benar versus salah” bukanlah pertanyaan yang tepat tentang teori ilmiah. Masalahnya adalah semua teori yang kompleks dan terformulasi dengan baik cenderung seakan-akan itu adalah benar pada satu sisi akan tetapitidakpada sisi yang lain.Oleh karenaitu, pertanyaan alternatifuntukdiajukan adalah apakah dan bagaimanakahteori tersebutberguna.Gagasan menilai teori berdasarkan kegunaannya dalam membuatprediksi memilikiimplikasi signifikan. Teori yangberbeda biasmemungkinkan orang untuk membuat tipe prediksi ang berbeda. Dengan demikian, tiap teori yang berbeda memiliki kegunaan yangberbeda. Kellymenyebutkan constructivealternativsm(alternativisme kontrukstif) : konstruk ilmiah alternative yang dapatmemberikan pandangan yang bergunatentang dunia. Menurutpandangan ini, tidak ada realitas objektif atau kebenaran absolutyangharus diungkap. Dengan demikian, terdapatupaya untukmengintrepetasikan peristiwa, dengan tujuan untuk mengiterpretasikan fenomena untuk memhaminya. .Sebuah teori memilikirange ofconvenience(rentang kenyamanan), yang mengindikasikan batasan fenomenayang dapat ditanggung oleh teori tersebut, dan focus of convenience (focus kenyamanan), mengindikasikan titik dalam ikatan tersebut tempat di mana teori tersebut bekerja terbaik. Pandangan Kelly terhadap sains tidaklah unik, tetapi kejelasan ekspresi dan titik penekanannya adalah penting
Komponen dari pandangan Kelly tentang Sains
1. Tidak ada realitas objektif dan tidak ada “fakta”. Teori yang berbeda memiliki konstruksi fenomena yang berbeda. Teori-teori ini juga memiliki rentang kegunaan yang berbeda dan focus manfaat yang berbeda.
2. Teori-teori seharusnya memicu riset. Akan tetapi, penekanan ekstreem pada pengukuran dapat membatasi dan menimbulkan pandangan konsep sebagai “sesuatu”. Bukan pada representasi.
3. Metode klinis itu berguna karena menghasilkan idebaru dan focus pada persolan penting.
4. Teori kepribadian yang baik harus bias membantu kita untuk memecahkan masalah manusia dan masyarakat.
5. Teori didesain untuk dimodifikasi dan ditinggalkan
StrukturKepribadianStruktur Kepribadian
Teori kepribadian Kelly memiliki dasar terkait dengan pikiran individu (kognitif). Teorinya menekankan pada pendekatan idiographic dan orientasinya yang teleologis. Teori Kelly hampir mirip dengan teori individual Adler, bahwa manusia tidak diatur oleh realita, akan tetapi membuat tujuannya sendiri berdasarkan cara individu memaknai setiap peristiwa. Proses adaptasi dan penyesuaian dapat diprediksi melalui konstruk yang dimiliki oleh setiap individu. Proses kognitif merupakan pusat kepribadian individu, sedangkan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi. Relasi sosial sebagai usaha individu untuk memahami konstruk personal individu lainnya. intinya Kelly memandang manusia sebagai ilmuwan.Pandangan Kelly tentang sains sangat berhubungan dengan pandangannya terhadap individu. Kelly merasa bahwa ilmuwan dan orang awam (misalnya, bukan ilmuwan dalam keseharian mereka) terlibat dalam tugas yang sama. Bagi Kelly, cirri utama kehidupan sehari-hari antara lain adalah upaya kita untuk mengembangkan ide yang memungkinkan kita untuk memprediksi peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita ingin dapat memprediksikan apakah kita akan, misalnya, lulus ujian yang akan dating, sukses mendapatkan pasangan, atau keluar dari kondisi depresi. Konstruk (construct) adalah konsep yang digunakan untuk menginterpretasikan, atau menerjemahkan, dunia. Cara di mana dua elemen diterjemahkan sebagai yang mirip membentuk similiarity pole (kutub kemiripan) konstruk tersebut; cara di mana mereka berlawanan dengan eleman ketiga membentuk constract pole (kutub kontras) konstruk tersebut.
Konstruk dan Konsekuensi Interpersonal
Konstruk dan Konsekuensi Interpersonal mereka
Konstruk seringkali merupakan bahasa sehari-hari seseorang. Misalnya, konstruk yang merupakan bagian dari system konstruk anda sendiri. Apa istilah karakteristik yang anda gunakan untuk mendeskripsikan orang? Apakah tiap istilah mencakup istilah berlawanan untuk membentuk pasangan kesamaan/ketidaksamaan, atau apakah satu ujung dari konstruk itu hilang dari sebagian kasus? Dapatkah anda membayangkan konstruk yang digunakan orang yang anda kenal untuk menggambarkan diri mereka sebagai individu? Konstruk apa yang dimiliki bersama anggota salah satu kelas atau kultur dan tidak dimiliki oleh anggota kelas atau kultur yang berbeda? Akhirnya, perhatikan pernyataan Kelly bahwa konstruk apa pun yang diterapkan seseorang kepada orang lain berpotensi untuk dapat diterapkan pula kepada dirinya sendiri. “seseorang tidak dapat menyebut orang lain bajingan tanpa membuat sifat bajingan sehingga sebuah dimensi dari kehidupan juga”
Tipe StrukturKepribadian
Tipe Konstruk dan Sistem Konstruk
Sebelas tipe struktur kepribadian menurut Kelly yang disebutCorollary :
1. Construction corollary: manusia mengantisipasi peristiwa dengan membentuk replikasi (pada peristiwa yang temanya sama)
2. Individuality corollary: Manusia berbeda-beda dalam membuat konstruk atas peristiwa yang sama (tergantung interpretasi masing-masing). Adanya perbedaan individu, bagaimana individu menerima atau menginterpretasi suatu peristiwa
.3. Organization corollary: Manusia cenderung untuk mengatur konstruk individualnya berdasarkan pandangannya terhadap hubungan antar konstruk itu (hirarki)
4. Dichotomy corollary: Sistem konstruk manusia terdiri atas sejumlah konstruk dikotomis/bipolar
5. Choice corollary: Manusia memilih sendiri alternatif dari konstruk dikotomis tersebut berdasarkan keinginannya untuk memperjelas atau memperluas sistem konstruknya.(Security atau adventure)
6. Range corollary: Suatu konstruk hanya dapat digunakan untukmengantisipasi peristiwa tertentu saja (ada yang dapat digunakan untuk beragam situasi/orang, ada juga yang hanya dapat digunakan situasi yang sangat terbatas)
7. Experience corollary: Sistem konstruksi manusia berubahsebagai hasil dari pengalaman manusia yang berubah.
Tipe Konstruk dan Sistem Konstruk
Kita tidak harus mengasumsikan, dari pembahasan ini, bahwa konstruk adalah verbal atau tersedia secara verbal bagi individu. Kelly tidak menggunakan konstruk sadar-bawah sadar ; akantetapi, dia menggunakan konstruk verbal / preverbal untuk membahas elemen yang diinterpretasikan oleh pihak lain sebagai sadar atau bawah sadar. Konstruk verbal dapat diekspresikan dalam kata, sedangkan konstruk preverbal adalah yang digunakan bahkan ketika orang tersebut tidak memiliki kata untuk mengekspresikannya. Konstruk preverbal dipelajari sebelum seseorang mengembangkan penggunaan bahasa.
Tes RoleConstructRepertory
Tes Role Construct Repertory (Rep)
Kelly mengembangkan teknik penilaiannya sendiri – Role Construct Repertoy Test (disingkat Tes Rep). Sebagai teknik penilaian, Tes Rep mungkin lebih berhubungan dengan teori kepribadian dibandingkan tes kepribadian komprehensif lain. Tes Rep terdiri dari dua prosedur :(a) Pengembangan daftar actual person (individu yang sebenarnya) yang didasarkan kepada Role Title List.(b) Pengembangan konstruk yang didasarkan kepada perbandingan tritunggal person. Pada prosedur pertama, subjek diberikan
Perkembangan kepribadian
Kelly menyatakan bahwa konstruk-konstruk itu berasal/bersumber dari usaha mengkonstruksi replikasi (jawaban-jawaban) atas peristiwa-peristiwa yang tejadi. Kelly berpendapat bahwa perkembangan itu ditekankan kepada konstruk preverbal pada masa invancy (bayi kanak-kanak) dan penafsiran budaya yang terlibat dalam proses harapan-harapan yang dipelajari/dialami.
Psychopatology
Kelly mendefinisikan psychopatology sebagai gangguan fungsi dalam menggunakan sistem konstruk terhadap peristiwa-peristiwa. Gangguan (disorder) dapat diartikan sebagai konstruk pribadi yang digunakan secara berulang-ulang karena perasaan dendam/benci yang tidak valid. Gangguan psikologis adalah gangguan yang melibatkan anxiety (cemas), lebih tepatnya usaha individu yang diulang untuk membangun kembali perasaan, sehingga mampu mengantisipasi peristiwa-peristiwa.
SUMBER :
Wardalisa.staff.gunadarma.ac.id
Alwisol, Psikologi Kepribadian, (Malang: UMM Press, 2007)
http://dewimustikaningrat.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar